News

Panda, Mahluk Imut Asal Cina Yang Terancam Punah

Panda, Mahluk Imut Asal Cina Yang Terancam Punah

Panda, siapa yang tidak kenal hewan yang sangat menggemaskan ini ? Panda merupakan hewan asal Cina dan sangat terkenal karena kelucuan dan keimutannya. Ciri-ciri unik yang paling dikenali adalah lingkaran hitam yang terletak pada matanya.

Sebenarnya Panda bukanlah hewan herbivora, ini dikarenakan ia juga memakan madu, telur, serangga dan juga buah-buahan sehingga ia masuk kedalam kategori omnivora.

Panda juga termasuk kedalam hewan yang sangat malas. Hampir 3/4 hidupnya digunakan untuk tidur dan bermain, berbeda dengan beruang yang masih berburu madu ataupun ikan untuk dikonsumsi.

Bayi Panda juga sangat kecil, bahkan sama kecilnya dengan bayi tikus. Berat rata-rata dari bayi Panda hanya 0,1 hingga 0,2 kg saja. Biasanya bayi tersebut mati karena tertimpa oleh induknya sendiri ketika tidur.

Panda merupakan hewan yang berasal dari Cina. Habitat aslinya memang berada di Cina. Panda yang berada di luar Cina merupakan Panda yang didatangkan langsung dari negeri tirai bambu ini. Panda masuk kedalam keluarga beruang yang merupakan hewan mamalia.

Panda masuk kedalam salah satu hewan yang sudah terancam punah. Ini dikarenakan nafsu untuk memperbanyak keturunan sangat rendah. Bahkan di beberapa penangkaran hewan, Panda sering diberi tontonan untuk menstimulasi otak agar ingin berhubungan dan membuat keturunan. Hal ini membuat Panda semakin terancam kepunahannya.

Untuk seekor Panda dewasa, biasanya mereka akan memiliki bobot hingga 150 kg dan dapat hidup hingga 20 tahun, sedangkan jika berada dalam penangkaran, hidup mereka bisa mencapai 30 tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*