Boraks dan Formalin

Kenali Makanan yang Mengandung Boraks dan Formalin

Sebelum kita masuk ketopik utama makanan yang mengandung boraks dan formalin ada baiknya kita bahas dulu apa si boraks dan formalin? boraks adalah bentuk umum yang paling alami dari boron kegunakan boraks sebagai senyawa pembersih keramik, kaca, kertas, pupuk dan cat sedangkan formalin adalah senyawa organik yang terbentuk secara alami fungsi formalin di gunakan untuk merekatkan kayu lapis (triplek) dan pengawet mayat serta di gunakan untuk pengawetan sel organisme hewan dan tumbuhan.

Bayangkan jika bahan-bahan tersebut sampai tercampur kedelam makanan yang di kosumsi, taklepas dari kecurangan pedangan untuk meraup keuntungan yang banyak berlebihan dan memang sudah ada peraturan dari BPOM untuk di tidak lanjutin secara hukum bagi pedagang yang mencampurakan bahan-bahan tersebut kedalam bahan makanan tapi efek hukum tersebut tidak membuat para pedangan jerah dan masih ada beberapa pedangan yang melakukan kecuranga.

Untuk mengenali makan yang mengandung boraks dan formalin tidak mudah jika hanya di lihat secara kasat mata, namun ada beberapa ciri-ciri yang muncul jika makanan tersebut sudah tercampur dengan kedua bahan tersebut jika boraks di campurkan didalam pembuatan krupuk, krupuk itu tidak mudah untuk lembek ( melempem ) meski tidak di simpan didalam kemasan selama beberapa jam.

Makanan yang terkontaminasi  formalin untuk mengenalinya dengan kasat mata cukup sulit dikarenakan tidak ada perubahan warna tapi jika kita konsumsi akan ada rasa yang berbeda formalin sendiri banyak di campurkan kedalam bahan dasar mie basah dan ikan, funsinya ialah untuk menambah daya tahan makanan supaya dapat bertahan lebih lama.

Sebaikanya lebih berhati-hati dalam memilih bahan makanan yang kita kosumsi dengan artikeini di terbitkan semoga dapat menambah wawasan dalam memilih jenis makanan.