Berita Terbaik

Bahaya Menahan Kentut

Bagi kebanyakan orang,mengeluarkan gas atau kentut merupakan hal yang memalukan dan yang tidak pantas untuk di lakukan terlebih lagi jika di lakukan di tempat umum karena kentut memiliki aroma yang tidak sedap jika tercium oleh kita.

Kentut di sebabkan oleh udara yang terjebak dalam perut yang bersala dari berbagai faktor dan salah satunya adalah pola makan kita dan juga makanan yang kita konsumsi.
Namun jika seseorang menahan kentut sebenarnya tidaklah baik untuk kesehatannya sendiri,berikut bahaya yang dapat timbul akibat seseorang menahan kentut.

~Peritonitis.
Salah satu hal bahaya yang terjadi jika menahan kentut adalah Peritonitis.Peritonitis merupakan peradangan yang biasanya di sebabkan oleh infeksi pada selaput rongga perut dan gangguan ini terjadi akibat infeksi dari bakteri maupun jamur.

~Wasir.
Jika seseorang terlalu lama menahan kentut,wasir juga dapat menghampiri mereka,hal ini di karenakan adanya gerakan yang berlebihan pada organ dubur pada saat seseorang menahan kentut agar tidak keluar.
Gerakan ini membuat otot-otot di dubur akan menegang dan meemicu melebarnya pembuluh darah dan terjadilah wasir.

~Keracunan Gas.
Jika seseorang menahan kentut,maka gas ini dapat menyebabkan tekanan pasrisla dalam rongga usus dengan intensitas yang lebih tinggi daripada tekanan parsial yang ada di dalam darah.hal ini dapat mengakibatkan masuknya gas ke dalam pembuluh darah yang terdapat pada dinding usus yang kemudian akan beredar ke seluruh tubuh.

~Infeksi Diverticulosis.
Diverticulosis merupakan pembentukan kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar,kantung-kantung kecil ini terbentuk akibat peningkatan yang terjadi pada titik-titik lemah pada dinding usus yang di sebabkan oleh gas atau limbah lain yang masuk ke dalam perut.
Efek yang timbul dari kantung-kantung kecil ini dapat menyebabkan sakit parah pada bagian dalam perut,mual,demam,dan yang paling parah adalah terjadinya perubahan dengan kebiasaan buang air besar kita.

Mulai sekarang,jangan di biasakan untuk menahan kentut sekalipun di tempat-tempat umum karena malu ataupun tidak sopan,jika selalu di biasakan menahan kentut sama saja mengorbankan kesehatan diri sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*