Seperti Manusia, Lebah Ternyata Juga Bisa Kecanduan Zat Adiktif

Seperti Manusia, Lebah Ternyata Juga Bisa Kecanduan Zat Adiktif

dataresultsgp.com – Sama seperti yang kita ketahui, lebih sering hinggap dibunga-bunga tanaman untuk mengambil nektar dan serbuk sari pada bunga.

Tapi ternyata tidak hanya itu saja, dalam sebuah studi yang dilakukan di imperial college london, telah menemukan bahwa lebah juga menyukai pestisida.

Bukan hanya itu saja, diketahui bahwa lebah tidak hanya menyukai pestisida tapi juga kecanduan. Pestisida yang dicandu tersebut mengandung zat yang bernama neonicotinoid.

Tim peneliti dari inggris ini telah melakukan penelitian dan pengujian dengan memberikan lebah-lebah tersebut dua jenis makanan yaitu gula biasa dan larutan gula yang terkandung neonicotinoid.

Pengujian ini telah berlangsung selama sepuluh hari. Dan hasilnya, setelah lebah yang diberi makan dengan makanan yang mengandung kandungan dari pestisida ini, lebah tersebut terus datang dan kembali untuk mengambil lebih banyak makanan lagi.

Hal ini sangatlah menarik karena hubungan kimia yang terjadi antara neonicotinoids dengan zat adiktif yang lain sangat familiar.

Temuin lainnya ada pada letaknya, walau wadah makanan yang di ubah posisinya, lebah-lebah ini masih tetap merespons kondisi ini dengan mengunjungi wadah yang mengandung pestisida tersebut. Hal ini membuktikan bahwa lebah dapat mendeteksi zat adiktif dan dapat melacaknya.

Namun dengan demikian, sebenarnya ini bukanlah kabar gembira sama sekali. Zat ini sebenarnya kontroversial, dimana zat ini banyak negara yang melarang penggunaan nenicotinoid, namun justru zat ini yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Neonicotinoid ini dilarang tuk digunakan karena dapat menyerang sistem saraf pada hama serangga dan menimbulkan resiko menurunnya populasi lebah itu sendiri.