Bolehkah Memanaskan Kembali Sisa Nasi?

Bolehkah Memanaskan Kembali Sisa Nasi?

Ketika Seharian kita memasak didapur,seringkali kita lebih memilih memanaskan kembali beberapa sisa makanan yang telah selesai kita masak ketika mennjelang sore hari.

Gambar terkait

Banyak info beredar,memanaskan kembali sisa nasi ataupun beberapa makanan yang bahan utamanya adalah nasi tidaklah baik untuk keshatan tubuh kita dan memanaskan kembali sisa nasi dipercaya banyak orang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti kanker.

Para ahli menyebutkan.memanaskan kembali sisa nasi tidaklah berbahaya tetapi tidak boleh lebih dari satu hari ketika akan memanaskannya kembali.Nasi memang lebih baik dimakan ketika selesai dimasak,namun jika memang tidak memakannya,janganlah menyimpan nasi dalam waktu yang lama.

Perlu diingat,Jangan pernah memanaskan nasi ketika sudah lebih dari satu hari dan tidak boleh lebih dari satu kali.

Ketika seseorang mengalami sakit perut,kemungkinan karena terjangkit bakteri Bacillus Cereus karena mamasak nasi tidaklah selalu membunuh bakteri yang terdapat pada nasi tersebut.Membiarkan nasi menjadi dingin juga dapat menyebabkan perkembang biakan bakteri Bacillus Cereus dengan suhu ruangan dan dapat menjadi berbahaya ketika kita mengkonsumsinya.

Gejala yang ditimbulkan bakteri Bacillus Cereus ini biasanya berupa,muntah,mual-mual,dan diare yang dapat berlangsugn sampai dua hari jika tidak ditangani dengan baik dan benar.Gejala keracunan seperti ini biasanya tidak langsung terlihat efeknya karena gejala ini akan mulai telihat satu sampai lima jam kedepan.

Lebih baik langsung memakan nasi ketika sudah matang dan tidak dibairkan begitu saja.Jika memang harus di tinggalkan begitu saja,harus diingat tidak boleh lebih dari satu hari dan juga tidak boleh lebih dari satu kali.