Hewan Dengan Pertahanan Tubuh Yang Aneh

Setiap hewan didunia pasti memiliki suatu kemampuan khusus untuk mempertahankan diri dari pemangsanya dengan cara yang berbeda.

Biasanya,pertahanan hewan ini cukup untuk melumpuhkan,memberi peringatan,mengecoh lawan,agar memberikan waktu untuk melarikan diri dari pemangsa.

Berikut beberapa hewan dengan pertahanan terkuat dan juga termasuk pertahanan yang cukup aneh.

1. African Spiny Mouse
Gambar terkait
Kebanyakan tikus biasanya merupakan hewan lemah serta sangat menjijikkan.Jenis tikus yang satu ini berbeda dengan yang lainnya karena memiliki pertahanan yang unik.Ketika tikus ini tertangkap,dia akan berusaha keras untuk melarikan diri sampai menyebabkan daging dan bulu terlepas.Bulu yang tumbuh di tubuh tikus ini memiliki duri yang dapat membuat pemangsanya kewalahan untuk menggunyah dagingnya.

2. African Bombardier Beetle
Gambar terkait
Kumbang ini memiliki 2 jenis zat kimia yang terpisah di dalam  perutnya yaitu hidrogen peroksida dan hidroquinon.Ketika merasa terancam,kumbang ini akan bersamaan mengeluarkan cairan ini dan semprotan ini dapat mencapai suhu panas sampai 100 derajat celcius.

3. Central African Hairy Frog
Hasil gambar untuk Central African Hairy Frog
Katak ini jika dilihat dari luar sama saja dengan katak lainnya.Tetapi ada yang unik dengan sistem pertahahan pada katak ini,katak ini akan mematahkan tulang jari kaki sendiri yang mengakibatkan tukang tersebut menonjol keluar menjadi sebuah cakar yang tajam dan ketika sudah tidak terancam,maka tualn ini akan ditarik kembali masuk ketubuhnya.

4. Texas Horned Lizard
Hasil gambar untuk pertahanan Texas Horned Lizard
Meskipun memiliki duri diskujur tubuhnya,kadal mengembangkan lagi pertahanan diri yang cukup unik dan terbilan aneh.Ketika merasa terancam,kadal ini akan menyemprotkan darah dari matanya yang mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan bau busuk ketika terkena sesuatu seperti pemangsanya yang mengakibatkan terganggunya indera penciuman si pemangsa.

5. Carpenter Ant
Hasil gambar untuk pertahanan Carpenter Ant
Semut yang berasal dari kalimantan ini mempunyai sistem pertahanan yang sangat menakjubkan yang membuatnya terkenal hingga diberbagai belahan penjuru dunia.Semut ini akan memanjat ke kepala pemangsanya dan meledakkan diri mereka sendiri yang mengakibatkan pemangsa menjadi buta dengan cairan yang sangat lengket.

Siapa sangka,hewan memiliki sistem pertahanan tubuh yang begitu unik dengan kegunaannya yang begitu ampun untuk mengusir pemangsanya.