Waspadai Rumah Dari Ancaman Tikus Penyebab Hantavirus

Waspadai Rumah Dari Ancaman Tikus Penyebab Hantavirus

Di tengah maraknya kabar mengenai wabah virus corona ternyata dikawasan china kembali dikabarkan dengan penemuan virus baru yakni Hantavirus. Hantavirus ini merupakan virus yang sebenarnya sudah ada sejak lama namun penyebaran virus tersebut mungkin saja baru terjadi saat ini. Hal ini disebabkan karena banyaknya rumah penduduk di negara china yang berada dalam kondisi kosong saat wabah melanda.

Rumah kosong tersebut kemudian menjadi sarang dari banyaknya tikus yang merupakan salah satu perantara dari Hantavirus. Hantavirus di ketahui tidak menular dari satu individu ke individu lainnya seperti halnya virus corona namun virus ini tetap saja mempunyai dampak yang berbahaya terhadap kehidupan manusia. Pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menghindari terjangkitnya virus ini adalah dengan menjauhkan tikus dari rumah ataupun pemukiman kita. Hal berikut ini bisa saja kita lakukan untuk menjauhkan lokasi tempat tinggal kita dari tikus.

1. Menyimpan Sampah Pada Wadah tertutup

Sampah merupakan sesuatu yang cukup akrab dengan tikus. Banyak sekali sampah di rumah tangga yang biasanya dibiarkan dalam wadah terbuka dan hal tersebut merupakan kebiasaan yang salah. Tikus bisa saja dengan mudah mengendus keberadaan sampah yang ada didalam rumah kita jika dibiarkan dalam kondisi terbuka. Sampah sebaiknya dikemas dengan benar dan dibuang kedalam tempat pembuangan umum yang sudah disediakan dimasing-masing tempat.

2. Tidak Menimbun Pakaian Kotor

Pakaian kotor adalah sesuatu yang akrab dengan kehidupan masyarakat. Tidak jarang banyak sekali mahasiswa dan juga para pelajar yang menaruh pakaian kotorĀ  mereka secara sembarangan. Penumpukan pakaian kotor tersebut bisa menjadi salah satu sarang dari tikus. Tikus bahkan bisa beranak didalam tumpukan pakaian kotor tersebut karena suhunya yang hangat.

3. Menutup Jalur Pipa di Rumah

Saluran pipa air merupakan tempat yang paling sering dilalui oleh tikus. Tikus bisa dengan mudah keluar dan masuk kedalam rumah saat malam hari lewat saluran pembuangan air didalam rumah kita. Ada baiknya jika kita menutup dan saluran pembuangan air kita dengan rapi sehingga tikus tidak bisa menggunakan jalur tersebut sebagai tempat untuk keluar dan masuk ke dalam rumah kita.