Jangan Sepele, Inilah Cara yang Benar dan Tepat Mencuci Botol Minum

Jangan Sepele, Inilah Cara yang Benar dan Tepat Mencuci Botol Minum
Botol minuman adalah barang yang berguna dan dipakai setiap harinya oleh banyak orang. Tapi, masih banyak orang yang belum tahu jika salah mencuci botol minuman itu dapat menjadi tempat berkembang biaknya banyak kuman.

Ada berbagai jenis botol minuman, mulai dari botol susu balita hingga botol yang berukuran besar untuk menyimpan air di kamar.

Dan jika kamu mencucinya dengan cara menyiram air panas lalu mencuci kembali dengan sabun dan dikocok-kocok. Ternyata hal tersebut juga masih belum tepat.

Berdasarkan hasil penelitian mengatakan, kalau pada botol minuman itu banyak sekali kuman yang menempel. Mulai dari tutup pada botolnya hingga dasar.

Sisa-sisa air yang terdapat di botol air minum, apalagi yang sudah diminum sebelumnya itu juga dapat menjadi tempat bertumbuhnya kuman. Memang tidak banyak kuman yang bersifat patogen, namun apabila daya tahan tubuh seseorang lebih rendah itu bisa saja terserang penyakit.

Jadi cara mencuci botol minuman yang benar adalah dengan cara menggosoknya. Jadi tidak hanya dengan membilasnya saja.

Karena pada dasarnya, ada sebagian bakteri yang tidak bisa mati hanya dengan dibilas air saja. Jadi untuk mencucinya harus dengan menggosokkannya dengan spons. Setelah itu dikeringkan atau ditaruh dahulu di rak pengering.

Dalam pemilihan spons pencucinya juga harus diperhatikan. Pilihlah spons yang punya daya gosok yang cukup, dan tidak perlu memilih spons yang bisa mengakibatkan permukaan botol tersebut tergores.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *