Inilah 5 Faktor Utama Yang Sebabkan Penuaan Pada Kulit Lebih Cepat

Inilah 5 Faktor Utama Yang Sebabkan Penuaan Pada Kulit Lebih Cepat
Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi setiap orang untuk melindungi kulitnya secara maksimal agar kulit tetap sehat dan tidak cepat alami penuaan.

Lalu, apa tanda-tanda penuaan pada kulit itu dapat muncul pada saat kita sudah tua saja?

Tentu tidak, banyak tanda penuaan pada kulit akan muncul seperti kerutan, garis-garis halus, bintik hitam dan yang lainnya, itu bisa saja muncul pada saat usia masih terbilang muda karena sejumlah faktor yaitu sebagai berikut.

1. Rokok dan konsumsi alkohol secara berlebih
Pada semua penelitian rata-rata telah membuktikan kalau merokok  itu berkaitan dengan penuaan lebih dini. Sementara itu, apabila sering meminum minuman alkohol bisa menyebabkan penyusutan pada pembuluh darah dan menurunkan aliran darah ke bagian kulit.

Dalam hal tersebut, dapat menyebabkan kerutan pada kulit atau penuaan sebelum di waktu usia yang belum benar-benar harus menua.

2. Terlalu sering terpapar sinar matahari
Apabila terlalu sering terpapar sinar matahari juga dapat memicu munculnya kerutan dan garis halus di wajah diwaktu jauh sebelum kita memang sudah akan menua di hari tua.

Untuk hal ini, kita bisa menghindari dengan memakai tabir surya di kulit saat kita sedang pergi-pergi keluar rumah. Dan akan lebih ideal jika menggunakan tabir surya dengan kadar minimal 25 SPF.

3. Salah posisi tidur
Hal ini memang sedikit terdengar aneh, karena posisi saat tidur juga punya pengaruh terhadap kesehatan pada kulit.

Posisi tidur yang dapat mempengaruhi atau berpotensi merusak kulit adalah posisi tidur menyamping. Kenapa? karena seluruh berat badan akan tertumpu pada bagian pipi kita, dan kondisi tersebutlah yang menyebabkan kerutan dan garis halus pada wajah.

4. Stress
Bukan hanya punya dampak yang buruk pada pikiran seseorang saja, stres ternyata juga dapat memberikan dampak besar pada kulit.

Jangan khawatir, karena sudah banyak hal yang bisa membantu kita tuk mengurangi stres. Misalnya, melakukan kegiatan yang kita sukai atau Hobi, berkumpul dengan teman-teman yang bisa memberikan energi positif.

5. Kurang tidur
Dan yang terakhir, orang yang sering begadang dan jam tidur berkurang karena disebabkan kesibukan yang padat atau apapun alasannya, jika tidak cukup tidur dapat memicu penuaan pada kulit lebih dini.

Bukan hanya itu, masalah-masalah kulit lainnya seperti kantung mata hitam dan kulit terlihat kusam juga akan terpicu.