Makanan Khas Betawi yang Hampir Menghilang

Tidak dapat kita pungkiri,bahwa tradisi lama mulai menghilang seiring dengan perkembangan zaman yang di barengi dengan begitu banyaknya teknologi dan makanan yang bermunculan.Salah satu yang membuat makanan khas suatu daerah menghilang di karenakan ketidaktahuan yang akhirnya membuat hilangnya penerus.
Hal yang dapat di lakukan agar makanan suatu daerah dapat tetap bertahan adalah dengan mengenalkannya kepada calon penerus mulai dari teknik membuat sampai dengan cita rasa khas yang terkandung di dalamnya.

Di beberapa bagian Indonesia seperti jakarta,sudah banyak kuliner yang di cap sebagai makanan langka yang sangat jarang dapat di temui lagi,sekalipun anda ingin mencobanya,mungkin anda harus meminta anak betwai asli untuk membuatkan makanan tersebut.

Ada beberapa jenis makanan yang konon katanya sudah sangat sulit untuk ditemukan,makanan ap sajakah itu?

~Jongkong Kopyor.

Dengan rasa yang manis dan sekaligus gurih,setiap orang yang mencicipinya pasti ingin untuk mencobanya lagi.Sepintas makanan ini terlihat seperti puding dengan rasa pandan dan memiliki tekstur yang lebih padat.Dengan bermodal tepung breas,tepung sagu,dan santan,anda sudah dapat membuat makanan langka ini.
Konon dari berita yang beredar,makanan ini berperan untuk melengkapi meja hidangan saat orang betawi melakukan upacara adat.

~Kue Abuk.
Gambar terkait
Jika di lihat sepintas,kue ini sangatlah mirip dengan kue putu,hanya saja bentuknya berbeda.Kue abuk berbentuk kerucut dan dibungkus dengan daun pisang.
Untuk kue ini sudah sangat susah untuk dapat di temukan,karena kebanyakan orang lebih mengenal kue putu daripada kue abuk.Untuk rasa,kue abuk lebih nikmat karena tepung ketan dan parutan kelapanya lebih berasa ke timbang kue putu.

~Sengkulun.

Makanan dengan rasa manis ini ternyata terpengaruh dari budaya China kala itu.Hal ini dapat kita lihat dari warna dan bentuknya.Dan sepintas kue ini seperti kue keranjang pada umumnya,dengan permukaan yang sedikit kasar dan tekstur yang lunak dan kenyal dan lembut ketika di makan.
Dengan penggunaan santal kental di dalamnya,makanan ini juga termausk gurih,bayangkan saja rasa manis dari gula merah yang bercampur dengan santal kental di dalamnya,sangat di sayangkan jika makanan ini harus menghilang.