Perbedaan Saus Tomat dan Pasta Tomat

Banyak yang selalu mencampurkan saus tomat dan pasta tomat sebagai pelengkap rasa dalam sebuah makanan yang akan disajikan.

Banyak yang menyangka bahwa,saus tomat dan pasta tomat adalah sama yang kenyataannya merupakan bahan makanan yang berbeda.

Bagi seorang koki,dalam membedakan saus tomat dan pasta tomat memiliki perbedaan yang cukup menonjol satu dengan yang lainnya.

Berikut beberapa perbedaan dari saus tomat dan pasta tomat yang perlu kamu ketahui agar tidak terjadi kesalahan dalam mencampur bahan masakan ini.

~ Bahan
Pasta tomat berbahan dasar dari tomat yang dihaluskan kemudian dikemas tanpa menggunakan bahan makanan apapun didalamnya serta kadar air dalam tomat akan berkurang dengan sendirinya ketika proses pematangan.

Sedangkan saus tomat juga terbuat dari tomat yang dihaluskan tepai dicampur dan ditambah oleh bahan makanan lain seperti gula,pengawet,cuka,garam,dan bumbu.

~ Tekstur
Pasta tomat cenderung lebih kental dibandingkan dengan saus tomat,hal ini karena pada saat proses pematangan,kadar air yang terkandung dalam pasta tomat ikut terbuang dengan sendirinya,sedangkan saus tomat lebih cair karena tambahan bahan makanan lainnya.

~ Rasa
Pasta tomat lebih memiliki rasa asam karena memang rasa dari tomat sendiri bersifat sedikti asam dan aromanya sangat mirip dengan tomat.Sedangkan saus tomat memiliki rasa asin,mani,dan asam yang berasal dari campuran bahan makanan lainnya.

~ Kemasan dan Kegunaan
Pasta tomat biasanya dikemas didalam wadah kaleng karena terlebih dahulu dimasak dengan bahan makanan lain sebelum dikonsumsi.
Saus tomat juga melalui dimasak terlebih dahulu dengan bumbu makanan lain sebelum dikonsumsi,tetapi untuk saus tomat lebih efektif dan efisien karena dalam bentuk kemasan dan ada juga yang didalam botolan.

Kedua bahan makanan ini digunakan utnuk melengkapi sajian kita agar lebih berasa dan beraroma,tetapi untuk pasta tomat lebih sehat dibanding saus tomat karena tidak mengandung bahan makanan yang berbahaya bagi tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *