Cara Mudah Mengolah Telur

Telur rebus adalah makanan termudah yang hampir setiap orang dapat membuatnya sendiri didapur rumahnya.Memang terlihat mudah dalam mengolah telur seperti mengupasnya,tetapi ketika cara mengolah kita salah,maka bukannya mudah dalam mengolahnya,malahan akan menjadi susah yang sangat menyusahkan kita.

Jika direbus dengan suhu yang terlalu tinggi,outih telur akan menjadi sangat kenyal dan jika dimasak dengan suhu yang rendah maka kuning telur akan berair atau tidak matang.

Agar hasil rebusan dapat matang dengan sempurna,ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti.

~ Masukkan telur kedalam panci dan kemudian tambahkan air kedalam panci tersebut hingga membuat telur tenggelam sepenuhnya dan lebihkan sedikit air sekitar 1 inci dari telur.
~ Gunakan api sedang dalam merebus telur.
~ Rebus telus dalam waktu 6 – 9 menit untuk mendapatkan kematangan yang sempurna.
~ Tiriskan telur yang sudah matang kedalam mangkuk yang berisi air es dan rendamkan hingga sekitar 5 – 10 menit agar mudah dikupas kulitnya.

Telur yang didinginkan setelah direbus akan membuat cangkang dan bagian putih telur bagian dalam tidak akan lengket satu sama lainnya.Ini karena,ketika telur matang kelembabannya secara perlahan akan mengurangi pori-pori didalam cangkangnya sehingga kantong udara yang berada diujung telur akan semakin melebar dan membuat kulitnya melonggarkan dari putih telur sehingga memudahkan dalam mengupas cangkangnya.

Telur memang sangat mudah dalam proses memasak dan pengupasan cangkanya.Tetapi,telur juga dapat sangat menyusahkan ketika kita salah dalam proses mengolahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *