Manfaat Jengkol Yang Baik Untuk Kesehatan

Jengkol memiliki aroma yang sangat tajam dan menyengat.Banyak orang yang juga tidak suka dengan jengkol karena baunya yang kurang sedap.

Dibalik aroma bau dan menyengatnya,jengkol ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan dengan tidak mengkonsumsinya dengan cara yang tidak berlebihan.

Sebenarnya,jika jengkol dimasak dengan benar dan tepat,bau dari jengkol tidaklah akan begitu menyengat dan proses memasak jengkol yang benar malah akan membuat makanan ini menjadi lezat dengan tekstur yang legit serta dapat menggugah selera makan kita.

Berikut beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan kita jika dikonsumsi dengan baik dan tepat.

~ Mengandung Anti Oksidan Yang Tinggi
Jengkol mengandung anti oksidan yang tinggi seperti polifenol,flavonoid,terpenoid,dan alkaloid.Jenis anti oksidan ini merupakan jenis yang ampuh dalam melawan pertumbuhan sel-sel kanker didalm tubuh kita serta dapat mengkal radikal bebas dalam tubuh.

~ Mencegah Diabetes
Meskipun masih begitu sedikit bukti yang diberikan peneliti bahwa jengkol dapat menurunkan kadar gula darah pada manusia,namun percobaan yang dilakukan peneeliti pada seekor tikus menunjukkan bahwa jengkol dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus tersebut.

Jika dilakukan penelitian lebih lanjut,Mungkin para ahli dapat membuktikan lebih rinci bahwa jengkol juga dapat menurunkan kadar gula ditubuh manusia.

~ Terhindar Dari Maaq
Para peneliti juga menemukan bahwa ketika eekor tikus mengkonsumsi jengkol,maka akan terjadi peningkatan enzim superoxide dismutase yang berguna dan berperan penting dalam melindungi dinding lambung kita dari luka akibat asam lambung yang meningkat.

Semua penelitian ini membutuhkan waktu yang lebih lama lagi guna untuk mendapatkan hasil dan bukti yang lebih spesifik agar hasil yang ditemukan juga tepat dan jengkol memang baik untuk kesehatan tubuh kita jika mengkonsumsinya tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *