Bisakah Cuka Apel Meredakan Perut Kembung ?

Cuka apel terbuat dari fermentasi jus apel. Cuka apel disinyalir dapat membantu merawat jerawat dan dipercaya dapat meredakan perut kembung.  Dipercaya dengan mengkonsumsi sesendok cuka apel dengan segelas air hangat, perut kembung yang dihasilkan oleh gas diperut akan menghilang, tetapi apakah hal itu benar?

Perut kembung disebabkan oleh menumpuknya gas di daerah perut. Hal ini tentu membuat perut menjadi tidak nyaman karena ada perasaan begah, terkadang sakit di daerah perut dan juga sering bersendawa.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan cuka apel dapat mengobati perut kembung. Malahan, ada penelitian yang dilakukan oleh BMC Gastroenterolgy yang menyebutkan hal sebaliknya.

Dalam hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa cuka apel malah membantu perlambatan pengosongan lambung pada penderita kencing manis. Istilah ilmiah kondisi ini adalah gastroparesis.

Gastroparesis mempunya beberapa gejala, salah satu gejalanya adalah perut kembung. Mengapa perut kembung? karena ketika lambung kita terlambat untuk proses pengkosongan maka usus dan otot perut kita juga akan mengalami kesulitan dalam membuang feses.

Feses yang tersendat di dalam usus akan menghasilkan gas ke dalam perut. Semakin lama feses yang tersendat maka semakin banyak gas yang dihasilkan. Gas yang bersarang di dalam perut akan mengakibatkan kita merasakan perut kembung.  Dari pemaparan tersebut, penelitian ini menyimpulkan efek cuka apel mengakibatkan penambahan jumlah produksi gas di dalam perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *