Teh Herbal Untuk Mengatasi Perut Kembung

Teh Herbal Untuk Mengatasi Perut Kembung

Rasa kembung pada perut sehabis makan atau bahkan sebelum makan biasanya memang dapat membuat perut anda menjadi tidak nyaman. Anda pun diharuskan untuk menunggu beberapa saat sampai gas tersebut keluar.

Tidak hanya menunggu, anda bisa mencoba beberapa jenis teh herbal berikut untuk mengatasi perut kembung, antara lain

• Teh Jahe

Sejak zaman dahulu, tepatnya yunani kuno, jahe sudah banyak digunakan sebagai obat herbal dalam membantu mengatasi gangguan pencernaan. Ini karena jahe memiliki kandungan shogaols dan juga gingerols yang bisa menenangkan organ pencernaan dalam tubuh. Untuk itu, peningkatan gas, risiko perut kembung serta kram perut menjadi lebih kecil.

• Chamomile

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa Chamomile bisa dijadikan sebagai pengobatan tradisional dengan menunjukkan tanaman yang mirip dengan bunga aster untuk mengatasi perut kembung.

Ini karena chamomile bisa membantu mengurangi gas serta melemaskan otot yang bisa membantu menggerakkan makanan melalui usus. Perlu diingat, ketika anda ingin memakai chamomile sebagai obat pereda perut kembung, ada baiknya diperhatikan jenisnya yakni German serta Roman.

Dilansir dari Journal Of Applied Pharmaceutical Science, bahwa Roman chamomile lebih efektif dalam mengatasi perut kembung. Hal tersebut didukung dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa minyak Roman chamomile mengandung antioksidan lebih tinggi ketuimbang jenis German.

Meski demikian, sampai saat ini masih belum ada penelitian terhadap manusia mengenai efek dari teh herbal chamomile dalam mengatasi perut kembung. Akan tetapi, tidak ada salahnya meminum teh chamomile untuk mendapatkan aroma yang menenangkan.

• Lemon Balm ( Teh Salep Lemon )

Tanaman lemon balm mungkin masih terdengar asing ditelinga. Jenis tanaman ini memiliki bentuk seperti daun mint dengan aroma lemon yang menenangkan ketika dihirup. Selain itu. lemon balm biasanya bisa menjadi bahan utama  dari suplemen cair untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti nyeri perut serta konstipasi. Akan tetapi, jenis teh herbal lemon balm ini masih belum diuji lebih lanjut apakah dapat digunakan dalam mengatasi perut kembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *