Pilihan Obat Herbal Untuk Kanker Serviks

Pilihan Obat Herbal Untuk Kanker Serviks

Umumnya kebanyakan orang hanya mengenal metode kemoterapi, operasi, terapi target, terapi radiasi dan juga imunoterapi yang berperan sebagai pengobatan kanker serviks. Untuk pengobatan kanker serviks ( leher rahim ) ini biasanya dilakukan atas rekomendasi dokter yang mana sesuai dengan kondisi serta kebutuhan tubuh. Disisi lain, terdapat juga penggunaan obat herbal yang bisa dikombinasikan bersamaan dengan pengobatan utama kanker serviks.

Selain sifat alaminya, penggunaan obat herbal juga dipercaya bisa membantu dalam meringankan gejala kanker serviks. Dengan sifatnya yang bisa membantu dalam meringankan, penggunaan obat herbal ini biasanya tidak menjadi pengobatan tunggal. Umumnya obat herbal ini diberikan bersamaan dengan pengobatan utama.

Pasalnya, sampai saat ini masih belum ada penelitian yang benar – benar teruji secara klinis yang bisa membuktikan bahwa tanaman herbal bisa membantu dalam penyembuhan kanker serviks. Ini karena obat herbal biasanya hanya dapat membantu meringankan gejala kanker serviks yang dirasakan.

Dilansir dari Badan POM Republik Indonesia, bahwa obat herbal termasuk kedalam golongan obat tradisional yang dibuat menjadi ekstrak atau penyaringan atas bahan – bahan alam. Bahan – bahan tersebut nantinya berupa tanaman obat maupun mineral.

Berikut beberapa jenis obat herbal yang dipercaya dapat membantu mengobati gejala kanker serviks, seperti

• Jintan Hitam

Untuk jintan hitam memiliki bentuk seperti biji – bijian dengan ukuran yang sangat kecil. Cara penggunaannya dengan mengambil sari minyak ataupun ekstrak jintan hitam. Ekstrak jintan hitam sendiri dipercaya memiliki aktivitas antikanker didalamnya. 

Selain itu, jintan hitam juga memiliki kandungan senyawa yang biasanya disebut dengan timoquinon. Senyawa timoquinon ini dipercaya bisa membantu dalam membunuh sel kanker serviks dengan sistem kerjanya seperti apoptosis.

• Kunyit putih

Kunyit sering dikenal sebagai salah satu bumbu masak berwarna kuning. Akan tetapi, tanaman ini juga memiliki jenis lain yang disebut dengan kunyit putih.

Jenis tanaman ini cenderung berwarna putih agak kekuning – kuningan. Untuk tanaman herbal ini dipercaya bisa membantu dalam pengobatan kanker serviks ( leher rahim ). Hampir seluruh bagian kunyit putih dapat digunakan sebagai bahan dasar obat seperti daun, rimpang dan juga bagian minyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *