Manfaat dan Kandungan Buah Pala

Manfaat dan Kandungan Buah Pala

Buah pala merupakan salah satu jenis rempah yang sangat terkenal serta sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Tidak hanya itu, buah pala juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam 110 gram buah pala biasanya terdapat sebanyak 525 kalori dengan berbagai kandungan zat gizi yang terdapat didalamnya, seperti

– Protein : 6 gram ( 12% ) dari AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )
– Zat Besi : 17 persen dari AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )
– Vitamin A : 2 persen dari AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )
– Lemak Total : 36 gram ( 56% ) dari AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )
– Sodium : 6 gram ( 12% ) dari AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )
– Kalsium : 18 persen dari AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )
-Vitamin C : 5 persen dari AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )

Adapun beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh, antara lain

• Mengurangi Rasa Sakit

Kandungan komponen yang terdapat pada buah pala ini hampir sama dengan mentol yakni sama – sama dapat membantu dalam menghilangkan rasa sakit secara alami. Untuk itu, dengan menambahkannya ke dalam bumbu masakan dipercaya bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka, peradangan dan juga ketegangan kronis dari kondisi seperti arthritis.

• Menjaga Kesehatan Mulut

Sifat antibakteri yang terdapat pada buah pala bisa membantu dalam membersihkan bakteri penyebabnya bau mulut ( halitosis ).

Tidak hanya itu, buah pala juga bisa meningkatkan kekebalan gigi, gusi dan juga mengobati berbagai masalah penyebab sakit gigi. Inilah yang membuat buah pala banyak digunakan sebagai salah satu jenis bahan tambahan dalam obat kumur herbal maupun pasta gigi.

• Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan senyawa macelignan serta myristicin pada buah pala dipercaya dapat membantu dalam mengurangi kerusakan sistem saraf serta fungsi kognitif yang mana kebanyakan dialami oleh pasien Alzheimer ( demensia ).

Terlebih, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat didalamnya dapat memperlambat efek tersebut serta menjaga otak agar tetap berfungsi dengan normal.

• Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat yang terkandung pada buah pala dipercaya dapat merangsang proses pencernaan dengan cara mendorong gerakan peristaltik pada bagian otot polos usus. Selain itu, buah pala juga bisa membantu berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung dan juga diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *