Pemicu Lutut Sakit Ketika Ditekuk

Pemicu Lutut Sakit Ketika Ditekuk

Lutut termasuk salah satu bagian organ tubuh yang sangat berperan penting dalam membantu menopang badan saat anda berjalan ataupun berdiri. Namun, sangat disayangkan terdapat begitu banyak kondisi yang dapat menyebabkan bagian lutut tiba – tiba terasa sakit atau nyeri saat ditekuk.

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan lutut sakit saat ditekuk, antara lain

• Patellofemoral Pain Syndrome ( Nyeri Pada Tempurung Lutut )

Patellofemoral Pain Syndrome merupakan suatu kondisi yang dapat memicu munculnya rasa nyeri pada bagian patella ( tulang kecil yang terdapat pada lutut ). Biasanya nyeri tersebut dapat muncul di bagian belakang lutut maupun di sekitar lutut.

Rasa nyeri tersebut dapat bervariasi tergantung dari tingkat keparahannya. Namun, biasanya akan terasa sakit jika lutut mengalami tekanan dalam waktu yang cukup lama. Contohnya, ketika berdiri terlalu lama, berlari ataupun pada saat naik turun tangga.

• Robekan Meniskus

Meniskus merupakan lapisan tulang rawan yang terjadi pada bagian lutut yang berperan dalam melindungi dan juga menstabilkan persendian lutut sehingga pada saat anda menggerakan sendi lutut, lapisan rawan inilah yang dapat membuat tulang kering dan juga tulang paha tidak saling bergesekan satu dengan yang lain.

Sobekan meniskus terjadi karena biasanya tanpa anda sadari melakukan gerakan memutar kaki pada persendian lutut saat kaki dalam posisi menapak serta sendi lutut dalam posisi tertekuk. Cedera bagian lutut akibat kecelakaan atau olahraga juga bisa menjadi penyebab robekan meniskus.

Untuk menikus yang robek bisa menyebabkan bagian sisi dalam atau luar lutut terasa kaku, sulit digerakkan ataupun nyeri. Ketika tidak diobati dengan tepat maka nyeri tersebut dapat kambuh di kemudian hari.

• Keseleo

Ketika mengalami keseleo ( terkilir ) pada bagian ligamen yang berperan dalam membantu menstabilkan lutut ternyata juga bisa menjadi penyebab kondisi ini bisa terjadi. Ya, ketika salah satu dari bagian ligamen yang ada pada lutut sobek ataupun terlalu tegang maka besar kemungkinan anda akan mengalami nyeri pada bagian lutut ketika ditekuk.

Untuk rasa yang muncul pun bervariasi tergantung dari tingkat keparahan atau kerusakan yang terjadi pada bagian ligamen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *