Manfaat Buah Tomat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Tomat Untuk Ibu Hamil

Buah tomat banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan masker secara alami serta mengandung berbagai nutrisi selama masa kehamilan, seperti

• Melancarkan Pencernaan

Seperti jenis buah – buahan pada umumnya, kandungan berupa serat yang terdapat pada buat tomat bisa membantu dalam melancarkan pencernaan. Hal tersebut karena tidak menutup kemungkinan akan ada gangguan perut serta berbagai masalah pencernaan yang mana sering dialami oleh para ibu hamil.

Dalam 100 gram buah tomat biasanya mengandung sebanyak 1,5 gram serat. Dengan jumlah serat yang tidak sedikit membuat jenis buah ini dapat mendorong pergerakan peristaltik pada bagian otot – otot pencernaan, melancarkan pembuangan sisa makanan ( feses ) serta memberikan cairan yang cukup untuk pencernaan makanan.

Sehingga inilah sebabnya dengan mengonsumsi tomat diyakini dapat mengatasi berbagai masalah seperti mencegah kanker kolorektal, mengatasi sembelit dan juga diare.

• Mencegah Berbagai Masalah Kehamilan

Keracunan Kehamilan ( Preeklampsia ) merupakan suatu komplikasi kehamilan yang sering dialami oleh para ibu hamil. Gangguan tersebut terjadi karena adanya peningkatan tekanan darah serta perkembangan plasenta.

Menariknya, Dalam 110 gram buah tomat terdapat sebanyak 165 mg kalium yang mana diyakini bisa membantu dalam meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah pada jantung sehingga tekanan darah yang tinggi pun dapat kembali normal secara perlahan. Selain itu, manfaat lain dari buah tomat untuk ibu hamil yakni mencegah munculnya risiko cacat sumsum tulang belakang saat bayi baru lahir serta cacat lambung saraf ( anencephaly ).

• Mengandung Berbagai Nutrisi Penting

Tomat termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Hal ini terbukti dalam 100 gram buah tomat mengandung sebanyak 34 mg. Semakin banyak jumlah vitamin C yang terdapat dalam tubuh maka semakin lancar pula penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam masa kehamilan.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga bisa membantu dalam pembentukan tulang, gusi, kulit dan juga gigi pada bayi. Tidak hanya itu, buah tomat juga memiliki kandungan berupa,
– Protein : 1.3 gr
– Kalsium : 8 mg
– Karoten : 2.083 mcg
– lemak : 0.5 gr
– Fosfor : 77 mg
– Karbohidrat : 4.7 gr
– Zat besi : 0.6 mg

Saat anda mencari sumber makanan yang dapat meningkatkan energi, tomat dapat menjadi salah satu pilihan makanan terbaik karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *