Emosi Positif Dalam Diri, Selain Perasaan Bahagia

Emosi Positif Dalam Diri, Selain Perasaan Bahagia

Dengan hidup bahagia dipercaya dapat memperpanjang umur serta meningkatkan kualitas hidup. Hal ini karena perasaan bahagia termasuk salah satu bagian emosi positif yang dapat mengendalikan stres yang mana dapat menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit. Untuk emosi positif ini tidak hanya bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik saja, namun juga mendorong berbagai hubungan sosial terhadap seseorang agar menjadi lebih baik lagi.

Kebanyakan orang mungkin akan menggambarkan positive emotion sebagai perasaan bahagia. Padahal emosi tersebut dapat meliputi berbagai perasaan yang cukup luas. Menurut Dr. Barbara Fredrickson yang tertuang dalam sebuah buku “ Positive Psychology “ mengungkapkan bahwa selain luapan bahagia, terdapat juga beragam emosi positif lainnya, seperti

• Bersyukur

Rasa syukur merupakan sebuah perasaan yang dapat memotivasi seseorang dalam membalas sesuatu dengan berbagai cara. Bukan hanya sekadar ucapan, namun perasaan ini juga mempunyai makna yang lebih mendalam serta berkesan. Biasanya jenis emosi ini dapat membuat seseorang untuk lebih berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 
• Tenang

Perasaan tenang dapat digambarkan dengan perasaan senang yang santai dan juga mellow. Untuk hal ini biasanya dapat ditandai dengan adanya kedamaian dalam memanjakan diri dengan melakukan hobi ataupun liburan. Selain itu, Fredickson juga mengungkapkan bahwa perasaan ini dapat mendorong seseorang untuk lebih menikmati sesuatu, memahami serta mengevaluasi diri agar lebih baik lagi.

• Gembira ( Sukacita )

Umumnya gembira memiliki arti yang hampir sama dengan bahagia. Namun jika digambarkan maka perasaan sukacita ini dapat terjadi pada momen – momen tertentu ataupun hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Seperti pada saat anda melihat senyum pertama dari seorang bayi yang baru lahir, melakukan makan malam bersama dengan orang yang anda sukai ataupun pergi ke salah satu tempat wisata. Ini semua dapat digambarkan sebagai salah satu tanda bahwa anda sedang merasakan kenyamanan terhadap sebuah pengalaman.

• Bangga

Dalam mencapai sesuatu hal yang disukai tidak semudah yang dibayangkan. Ini karena, pasti dibutuhkan kerja keras, waktu dan juga ketekunan. Setelah melakukan perjuangan yang cukup panjang dan akhirnya berhasil, pastinya ada perasaan bangga tersimpan dalam diri. Terlebih rasa bangga pada diri sendiri juga akan membantu anda dalam mengenali kemampuan serta memotivasi diri agar tujuan kedepannya dapat tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *