Tips Memilih Sabun Untuk Kulit Alergi

Tips Memilih Sabun Untuk Kulit Alergi

Alergi dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yakni terkena paparan zat tertentu. Dalam hal ini, anda bisa menghindari pemicu alergi ( alergen ) sebagai perawatannya. Umumnya beberapa alergen berasal dari produk pembersih, seperti sabun, produk perawatan kulit, ataupun pembersih rumah. Apakah diperlukan sabun khusus ketika anda alergi?

Sabun khusus yang dimaksud yakni sabun yang tentunya aman dan terbebas dari alergen untuk kesehatan kulit anda. Untuk menemukan sabun mandi yang tepat memang tidak mudah. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir, berikut beberapa tipsnya,

• Pilihlah Sabun Yang Berlabel Hypoallergenic

Hypoallergenic dipercaya memiliki potensi lebih kecil menyebabkan alergi dan sangat cocok digunakan oleh anda yang mempunyai kulit sensitif.

• Ketahui Zat Penyebab Alergi

Alergi dapat berasal dari berbagai jenis produk. Nah, untuk mengetahui produk mana yang menjadi penyebab alergi, anda diperlukan untuk lebih memperhatikan produk yang digunakan sebelum munculnya gejala alergi, seperti tangan tiba – tiba terasa gatal. Hal tersebut kemungkinan besar anda terkena alergi zat tertentu pada deterjen yang anda gunakan.

Anda juga bisa konsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab alergi yang dialami. Dengan begitu, akan membuat anda lebih mudah dalam mencari sabun yang cocok untuk kulit anda yang alergi. Setiap orang memiliki alergi yang berbeda – beda. Namun terdapat beberapa jenis zat yang memang dikenal sebagai pemicu munculnya gejala alergi kulit ( dermatitis kontak ), seperti emolien serta acid.

• Hindari Penggunaan Sabun Dengan Tambahan Pewangi

Dilansir dari American Academy of Family Physician, mengungkapkan bahwa selain hypoallergenic, mereka dengan alergi kulit juga diperlukan untuk menghindari sabun yang memiliki kandungan pewarna ataupun pewangi. Meski wanginya sangat enak untuk dihirup, pewangi yang bersifat iritasi tersebut dapat memicu munculnya gejala alergi di bagian kulit.

• Cermati Kandungan Sabun

Langkah terakhir, anda diperlukan untuk memahami terlebih dahulu mengenai kandungan yang terdapat didalamnya melalui internet ataupun melihatnya secara langsung dari kemasan produk tersebut. Ketika anda memiliki alergi bahan alami seperti, marigold ataupun lavender, anda juga diperlukan untuk mengetahui nama latinnya. Ini karena, terkadang perusahaan hanya akan mencantumkan nama lain dari tanaman tersebut, seperti kandungan minyak lavender yang mungkin akan ditulis dengan Lavandula dentata atau Lavandula angustifolia.