Makanan Sehat Untuk Penderita Hepatitis

Makanan Sehat Untuk Penderita Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada organ hati karena adanya infeksi virus. Untuk mengurangi komplikasi yang mungkin terjadi maka diharuskan mengonsumsi obat rutin yang disertai dengan pola makan yang sehat.

Hati termasuk salah satu organ yang berperan penting di dalam tubuh yang mana ia berfungsi sebagai sistem penyaringan untuk membantu menghilangkan berbagai zat – zat dan racun sisa serta mempertahankan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari.

Saat organ hati mengalami peradangan maka ini dapat mempengaruhi kinerjanya menjadi tidak maksimal sehingga tidak menutup kemungkinan akan membuat seseorang dengan hepatitis menjadi lebih rentan terkena penyakit diabetes. Untuk itu, konsumsilah berbagai jenis makanan yang sehat dalam menurunkan efek kerusakan yang diakibatkan hepatitis.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita hepatitis,

• Karbohidrat Kompleks

Umumnya karbohidrat kompleks banyak dihindari ketika sedang menjaga berat badan. Padahal, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga sangat dibutuhkan untuk mendukung pola makan yang seimbang serta memberikan dampak baik bagi para penderita hepatitis.

Usahakan untuk memasukan jenis karbohidrat kompleks ke dalam menu makanan harian anda. Karbohidrat kompleks tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dalam mencernanya ketimbang karbohidrat sederhana. Alhasil anda akan merasakan efek kenyang lebih lama serta memperoleh lebih banyak energi.

Kandungan berupa vitamin B6 dan juga zinc yang terdapat dalam karbohidrat kompleks sangat baik bagi kesehatan hati. Pasta, beras coklat, gandum utuh, roti, beras merah dan juga jagung merupakan makanan yang termasuk ke dalam jenis makanan berkarbohidrat kompleks.

• Lemak Baik

Lemak berperan sebagai penyimpan energi, mengangkut vitamin melalui darah dan juga melindungi jaringan tubuh. Oleh karena itu, makanan yang memiliki kandungan lemak juga masih diperlukan bagi tubuh dalam menerapkan pola diet bagi para penderita hepatitis.

Anda juga bisa mengganti asupan lemak yang diperoleh dari daging merah dengan yang lebih menyehatkan seperti alpukat, salmon serta minyak zaitun. Untuk kandungan lemak yang terkandung di dalam makanan tersebut yakni jenis lemak tak jenuh yang bisa berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan berupa omega-3 pada ikan salmon sangat baik bagi kesehatan otak dan juga jantung. Sedangkan Alpukat lebih banyak dikenal sebagai sumber lemak nabati baik yang dapat memperbaiki kinerja organ hati serta menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *