Ternyata Bahan Bahan Dapur Bisa Membuat Oversosis Loh

Overdosis itu tidaklah harus berkait dengan alkohol atapun obat obatan saja. Namun banyak hal juga yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memiliki efek negatif bagi tubuh kita. Jika anda overdosis obat obatan biasanya akan membuat seseorang memiliki efek tubuh menjadi lemah dan lesu ataupun bisa membuat seseorang halusinasi.

Jika seseorang overdosis mengkonsumsi minuman beralkohol, efek paling parah dapat membuat orang tersebut tidak sadarkan diri. Overdosis artinya takaran/anjuran yang berlebihan.

Selain dari itu banyak yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa bahan masakan yang biasanya di dapur yang bisa berdampak negatif bagi kita. Apa saja bahan bahan tersebut? Yuk mari kita simak di bawah ini.

  • Kecap

Pada tahun 2013, ada sebuah kasus di Virginia, Amerika. Dimana seorang pria ditantang oleh temannya untuk meminum kecap sebanyak 0,9 liter. Hal ini sangatlah berbahaya untuk dilakukan karena ia hampir mati dan mengalami koma akibat overdosis kandungan garam di dalam tubuhnya. Istilah kedokterannya ialah hipernatremia. Itu merupakan suatu gejala dimana di dalam aliran darah terkandung sangat banyak kandungan garam. Karena kelebihan garam di aliran darah, maka jumlah air pada tubuh lain pun menurun drastis termasuk bagian otak juga. Setelah dirawat secara intensif oleh dokter, akhirnya pria tersebut pun normal kembali. Kata dokter sangatlah beruntung pria tersebut masih bisa selamat, karena banyak orang orang yang mengalami hipernatremia akhirnya meninggal.

  • Teh

Ada sebuah kasus di Arkansas dimana seorang pria sampai menderita gagal ginjal akibat meminum es teh yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat kimia yang terkandung dari teh yaitu oksalat. Jika kadar oksalat berlebihan pada tubuh malah akan merusak ginjal kita. Menurut penelitian, jumlah maksimal dalam sehari mengkonsumsi teh hanyalah 4 cangkir.

  • Pala

Buah pala merupakan salah satu bumbu masak yang banyak dipakai oleh orang orang. Namun yang wajib diperhatikan ialah pala memiliki kandungan yang cukup berbahaya jika anda mengomsumsinya secara berlebihan. Kandungan tersebut dinamakan myristicin yang mempunyai efek halusinogen pada dosis besar. Jika seseorang overdosis pala, maka orang tersebut akan mendapatkan efek gangguan pencernaan yang parah. Bahkan jika dikonsumsi benar benar banyak dapat terkena serangan jantung hingga syaraf orang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *