Bolehkah Meminum Air Hujan?

Bolehkah Meminum Air Hujan?

Pasti anda pernah bertanya,apakah air hujan dapat diminum dan berbahayakah untuk kesehatan tubuh kita ketika kita meminumnya tanpa menyaring atau menetralkan terlebih dahulu?

Sebuah penelitian yang dilakukan Monash University Melbourne,Australia yang melakukan studi tentang kerusakan lingkungan akibat limbah air kemasan yang seringkali diangkut dan dikemas dalam plastik yang dapat menyumbat tempat pembuangan sampah.

Penelitian ini melibatkan sekitar 300 rumah yang menggunakan air hujan sebagai minuman utama yang digunakan sehari-hari yang dikumpulkan dalam tangki penampungan dan keluarga yang menggunakan air hujan sebagai minuman utama yang diminum setiap hari tercatat sehat dalam setahun.

Para peneliti menemukan bahwa gastroenteritis atau yang biasa disebut dengan flu perut yang disebabkan oleh bakteri tertentu terdapat pada air keran yang terawat dan terjaga yang artinya bahwa meminum air hujan secara langsung tidaklah beresiko menganggu kesehtan tubuh kita.

Air hujan mempunyai PH berkisar 5,6 yang artinya hal ini tidaklah berbahaya jika diminum.Air minum keran sendiri bahkan sangat jarang ditemukan dengan Ph seperti air hujan.Maka dapat kita simpulkan,bahwa air hujan aman untuk diminum secara langsung.

Namun,tidak dapat kita pungkiri juga,air hujan tidaklah sepenuhnya bersih dari bakteri.Air hujan juga mungkin mengandung debu serta zat lainnya.

Hidup sehat dengan meminum air hujan dapat kita lakukan apabila air hujan yang ktia tampung terlebih dahulu disaring dengan menggunakan teknologi yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang terdapat didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *