4 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Pernah mendengar yang namanya buah bit?Mungkin bagi sebagian orang, Nama tersebut masih sangat asing. Buat bit adalah tanaman berbentuk umbi-umbian yang masih satu keluarga dengan lobak.

Buah bit cukup mudah di kenali dimana umbi buah bit ini memiliki warna merah keunguan dan cukup mudah untuk ditemukan di supermarket karena pasar tradisional masih jarang menjual umbi satu ini.

Namun tahukah kamu jika buah bit ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh loh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Sistem pencernaan manusia membutuhkan serat untuk mengikat air yang berfungsi melancarkan proses pencernaan. Nah, Buat bit ternyata mengandung serat dalam jumlah yang tinggi dan terbagi menjadi serat yang larut air dan tidak larut di dalam air.

Serat yang larut didalam air sendiri memiliki fungsi membantu menghambat peningkatan gula darah, meningkatkan pergerakan usus besar serta mengikat lemak dan kolesterol.

Sedangkan serat yang tidak larut didalam air berfungsi mencegah terkena penyakit wasir, memperlancar proses buang air besar dan juga membantu mengatasi masalah sembelit.

Mengatasi Masalah Inflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan suatu kondsi medis dimana tubuh berusaha untuk melindungi diri dari infeksi akibat mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur.

Inflamasi sendiri memiliki sifat yang hampir mirip dengan auto imun. Nah, Karena buat bit mengandung senyawa betalain, Maka umbi-umbian satu ini bisa membantu mengatasi masalah inflamasi tersebut.

Mengatasi Demensia

Demensia adalah penyakit medis yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Umumnya demensia dikenal dengan penyakit seperti alzheimer dan demensia vaskuler.

Meski demensia dan pikun hampir mirip, Namun sejatinya keduanya berbeda. Pikun merupakan penurunan daya ingat dan berpikir karena bertambahnya usia, Sedangkan demensia disebabkan oleh sel-sel saraf yang menghubungkan antar otak telah rusak.

Buah bit sendiri mengandung nitrat yang berfungsi membantu mengalirkan darah ke otak. Ini tentu sangat baik karena hal tersebut dapat membantu memperbaiki sel-sel saraf penghubung otak yang rusak.

Mengatasi Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah. Untuk membantu memproduksi hemoglobin sel darah merah, Tentu dibutuhkan zat besi.

Buah bit ternyata mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin, Otomatis kebutuhan zat besi didalam tubuh akan terpenuhi dan membuat produksi hemoglobin sel darah merah meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *