Selain Garam, Makanan-Makanan Ini Juga Mengandung Yodium Tinggi

Makanan dengan kandungan Yodium tinggi perlu kita ketahui agar kita tidak menggunakan garam secara berlebihan. Garam merupakan sumber utama dari Yodium yang memiliki kegunaan untuk kesehatan tubuh. Selain itu garam juga mengandung Sodium yang tak kalah tingginya.

Yodium memiliki manfaat untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, mencegah stroke sampai mencegah terjadinya penyakit seperti gondok sedangkan dengan mengonsumsi Sodium yang tidak pada kadarnya dapat menyebabkan hipertensi.

Oleh karena itu banyak orang lebih memilih untuk menghindari untuk mengkonsumsi garam secara berlebihan.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam bisa menjadi alternatif untuk menambah asupan yodium tubuh.

Apalagi seperti yang kita ketahui tubuh kita tidak mampu memproduksi yodium dengan sendirinya, sehingga dibutuhkan asupan nutrisi yodium dari makanan yang kita konsumsi.

Dengan mengetahui makanan-makanan yang memiliki kandungan yodium tinggi ini bisa membuat kita untuk bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan takaran dalam menggunakan garam.

Jika mengkonsumsi garam secara berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Berikut beberapa makanan yang mengandung Yodium tinggi selain garam, diantaranya:

Telur

Sebutir telur memiliki berbagai kandungan nutrisi, termasuk didalamnya protein, vitamin dan mineral serta lemak sehat. Sebutir telur dengan berat 50gr, memiliki kandungan yodium sebesar 25mcg.

Hal tersebut sudah memenuhi sekitar 16% dari kebutuhan Yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, Telur juga memiliki nutrisi kolin yang dimana memiliki kegunaan untuk kesehatan otak.

Daging

Makanan yang memiliki yodium tinggi selanjutnya adalah daging sapi dan daging ayam. 100gr kedua daging ini mengandung kurang lebih 10mcg Yodium. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi yodium untuk tubuh kita /hari’nya.

Rumput Laut

Rumput laut dianggap sebagai makanan yang memiliki kandungan Yodium tinggi. Kita bisa kapan saja mengkonsumsi rumput laut sebagai pengganti garam. Selain itu Rumput laut mengandung vitamin dan mineral serta antioksidan. Rumput laut juga memiliki kandungan rendah kalori

Tetapi kita tidak disarankan untuk mengkonsumsi rumput laut dalam jumlah yang banyak. Mengkonsumsi rumput laut lebih dari satu kali dalam seminggu tidaklah disarankan, terutama untuk yang sedang hamil.

Mengonsumi makan dengan asupan yodium secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut bisa mengganggu metabolisme dalam tuh dan memiliki efek yang buruk pada kelenjar tiroid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *