Manfaat Teh Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Adas Untuk Kesehatan

Tanaman adas termasuk salah satu jenis tumbuhan yang mengandung sifat antimikroba dan antivirus yang sangat baik untuk tubuh. Kebanyakan orang mengolahnya menjadi teh herbal dalam menjaga kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari teh adas, antara lain

• Memperbanyak Produksi Asi

Berdasarkan hal yang telah terlihat melalui uji coba medis yang mana mereka membuktikan bahwa jenis tanaman ini banyak ditemukan di indonesia dan memiliki sifat galactagogue. Sifat galactagogue ini dipercaya dapat mempengaruhi kesehatan para ibu menyusui sehingga jumlah dan kualitas ASI juga akan lebih membaik.

Namun, hal tersebut masih belum ada penelitian yang membuktikan bahwa efek dari tanaman adas ini dapat bermanfaat untuk produksi ASI pada ibu menyusui. Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu terhadap dokter mengenai masalah ini.

• Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk anda yang sering mengalami diare serta gangguan pencernaan yang cukup sensitif, mungkin anda bisa mengonsumsi teh adas dengan mengolahnya menjadi teh herbal. Hal ini karena tanaman tersebut diyakini bisa membantu dalam menenangkan organ pencernaan dalam tubuh yang bermasalah.

Dilansir dari Live Strong, bahwa seorang praktisi bernama marco Valussi mengungkapkan penggunaan teh herbal maupun minyak esensial yang dikombinasikan dengan adas ternyata dapat membantu meringankan rasa nyeri pada usus sebanyak 94 persen bagi penderita kolitis kronis.

• Membantu Meredakan Nyeri Haid

Pada tahun 2012, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan tentang pengaruhnya tanaman adas terhadap nyeri yang disebabkan oleh penyakit dismenore. Dalam penelitian tersebut melibatkan sebanyak 50 orang wanita dengan rentan usia 14 – 23 tahun yang mengalami nyeri haid sedang hingga parah serta diberikan ekstrak adas.

Alhasil, sebanyak 70% wanita yang mengonsumsi adas sebagai salah satu pengobatan alternatif mengungkapkan bahwa rasa sakit yang dirasakan mereka menjadi berkurang. Namun, 10 – 30% lainnya tidak mendapatkan apapun dari manfaat adas tersebut.

Dari hasil tersebut, terdapat begitu banyaknya persentase yang memberikan harapan bahwa teh adas memiliki kemungkinan dalam membantu mengurangi kontraksi pada rahim sehingga rasa nyerinya pun berkurang. Meski demikian, diharapkan untuk berkonsultasi terhadap dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi teh adas sebagai obat herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *