Khasiat Sirup Maple Untuk Kesehatan

Khasiat Sirup Maple Untuk Kesehatan

Makanan manis termasuk musuh terbesar bagi anda yang sedang dalam menjalankan program diet. Pasalnya, makanan manis biasanya dapat membuat berat badan anda melonjak drastis ketika tidak dikendalikan dengan baik. Sirup maple dapat menjadi salah satu alternatif pemanis alami sebagai pengganti gula yang lebih aman untuk anda.

Sirup maple sendiri berasal dari getah pohon maple yang mana diolah melalui proses yang lebih alami. Untuk warnanya mirip seperti madu yang mana sama sama berwarna coklat dan teksturnya yang kental.

karena diproses secara alami, pemanis yang satu ini dipercaya lebih sehat dan bergizi ketimbang gula.Hal tersebut karena sirup maple mengandung berbagai mineral, vitamin, fitokimia dan juga antioksidan yang lebih tinggi daripada gula.

Adapun beberapa jenis kandungan gizi pada sirup maple, seperti,

• Zat gizi makro

Zat gizi mikro ( makronutrien ) terdiri dari lemak, protein serta karbohidrat yang mana zat gizi tersebut diperlukan oleh tubuh dalam menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, tubuh juga membutuhkan makronutrien dalam membentuk metabolisme serta energi tubuh.

Dalam satu sendok makan sirup maple mengandung sebanyak 12.5 gram karbohidrat yang mana 11.4 gram sendiri berasal dari gula. Tidak hanya itu, sirup ini juga memiliki kandungan sebanyak 0.05 gram lemak dalam takaran yang sama.

• Antioksidan

Dimuat dalam Healthline, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa sirup maple mengandung sebanyak 23 zat antioksidan yang berbeda. Salah satu antioksidan utamanya yakni asam galat, asam benzoat, asam cinnamic serta berbagai flavanol seperti rutin, katekin, quercetin dan juga epikatekin.

Antioksidan sendiri berperan dalam mengurangi kerusakan oksidatif dan juga melawan berbagi radikal bebas. Kerusakan oksidatif inilah yang menjadi penyebab utama timbulnya sejumlah masalah penuaan dan juga berbagai penyakit lainnya seperti kanker.

• Kalori

kalori termasuk asupan yang paling dibutuhkan oleh semua orang. Bahkan, bagi anda yang sedang menjalankan diet. Kandungan kalori yang terdapat pada sirup maple sangat mirip dengan kandungan kalori yang ada pada madu yang mana dalam satu sendok makan sirup maple mengandung sebanyak 51 kalori sedangkan madu mengandung sebanyak 63 kalori dengan takaran yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *